HANGGER GAHARA MAWANDHA, SP., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS TANAH DAN PUPUK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggunaan jenis pupuk cair yang sesuai bagi pertumbuhan bibit kelapa sawit. Untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi pupuk cair dan jenis tanah yang digunakan pada pertumbuhan bibit kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan didesa Cekel, Kecamatan.Jetis Saptosri, Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode penentuan sampel yang digunakan metode percobaan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD), yang terdiri atas dua faktor yaitu : Faktor pertama adalah perlakuan komposisi dengan tanah sebagai media tanam yang terdiri atas tiga aras yaitu : M0: Kontrol, M1: Tanah regosol, M2: Tanah mediteran, M3: Tanah latosol. Faktor kedua adalah pupuk cair yang terdiri atas, S1: Urin Kambing 100ml/1 literS2: Urin Kambing 200ml/1 liter, S3: Urin Kambing 300ml/1liter. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 3 x 3 = 9 kombinasi perlakuan., masing-masing diulang 5 kali, sehingga jumlah tanaman yang dibutuhkan dalam penelitian adalah (9 x 5 = 45 sampel) Data yang diperoleh dari masing masing perlakuan dianalisi dengan sidik ragam (Analisis of Varian/ ANOVA), dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan (DMRT) dengan jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi konsentrasi urin kambing tidak menunjukan adanya interaksi yang nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Konsentrasi pupuk cair urin kambing memberikan pengaruh tidak beda nyata pada parameter pengamatan.

LOADING LIST...
galangyogasaputra7@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...