Titin Setyorini, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Kinerja Pemanen Terhadap Kualitas Buah dan Mutu Panen Kelapa Sawit


Penelitian ini bertujuan sebagai sumber referensi, terkait kinerja panen terhadap kualitas buah dan mutu panen kelapa sawit serta dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas buah dan mutu panen kelapa sawit di perkebunan. Penelitian telah dilaksanakan di Long Kejiak 3, afdeling 12, PT. Dharma Inti Sawitnugraha yang terletak di Marga Mulia, Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur pada bulan September-Oktober 2019.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi untuk mengetahui adanya hubungan perbedaan kinerja pemanen dengan kualitas buah dan mutu panen kelapa sawit. Kinerja pemanen terdiri dari dua faktor, faktor pertama adalah usia pemanen dengan 3 aras usia yaitu : usia 20-30 tahun, 31-40 tahun, 41-50 tahun dan faktor kedua adalah pengalaman pemanen dengan 3 aras pengalaman pemanen yaitu : 1 bulan-2 tahun, 3 tahun-5 tahun, >5 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan kinerja panen terhadap kualitas buah kelapa sawit mengalami peningkatan dan penurunan yang dipengaruhi oleh usia dan pengalaman pemanen, peningkatan yang terjadi pada buah mentah dimana usia dan pengalaman sangat mempengaruhi peningkatan buah mentah, sedangkan peningkatan buah lewat matang dipengaruhi oleh usia pemanen. Kinerja mutu panen kelapa sawit mengalami peningkatan prestasi kerja dikarenakan lama pengalaman bekerja dan kemudian semakin tinggi usia pemanen maka terjadi peningkatan mutu panen kelapa sawit.
Kata kunci : Kinerja Pemanen, Usia, Pengalaman, Kualitas Buah, Mutu Panen

LOADING LIST...
Safrijal090115@gmail.com
Titin Setyorini, SP., M.Sc - Personal Name
Safrijal - Personal Name
Erick Firmansyah, S.P., M.Sc (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...