Ngatirah, SP. MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN SABUN PADAT DENGAN VARIASI PERBANDINGAN MINYAK SAWIT DENGAN MINYAK KELAPA SERTA JUMLAH ARANG AKTIF CANGKANG SAWIT


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi perbandingan berat minyak sawit dengan minyak kelapa serta jumlah arang aktif cangkang sawit terhadap kualitas sabun padat dan menentukan perbandingan minyak sawit dengan minyak kelapa serta jumlah arang aktif yang menghasilkan sabun padat dengan sifat-sifat yang baik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap (RBL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah variasi perbandingan minyak sawit dengan minyak kelapa dengan 3 taraf, yaitu: A1 (36:4)g/g; A2 (32:8)g/g; A3 (28:12)g/g. Faktor kedua yaitu jumlah penambahan arang aktif dengan 3 taraf, yaitu: B1 (5g); B10 (10g); B3 (15g). Analisis yang dilakukan meliputi kadar asam lemak bebas (ALB), pH, kestabilan busa, tekstur, angka penyabunan dan uji sensoris (warna, daya pembersih dan aroma).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan berat minyak sawit dengan minyak kelapa sangat berpengaruh terhadap kadar ALB dan angka peyabunan, namun tidak berpengaruh terhadap pH, stabilitas busa, tekstur dan uji sensori. Jumlah penambahan arang aktif tidak mempengaruhi kadar ALB, pH, angka penyabunan, kekerasan, stabilitas busa dan uji sensori. Sabun padat terbaik berdasarkan uji sensoris pada perbandingan minyak sawit dengan minyak kelapa = 32:8 g/g (A2) dengan kadar ALB 1,96%, pH 9,24, stabilitas busa 20,67%, tekstur 1,43 mm/g/s, angka penyabunan 228,22 mg KOH/g. Jumlah arang aktif yang tepat adalah 5g (B1) dengan kadar ALB 1,91%, pH 9,24, stabilitas busa 21,41%, tekstur 1,52 mm/g/s dan angka penyabunan 213,26 mg KOH/g.


Kata kunci : minyak sawit, minyak kelapa, arang aktif cangkang sawit , sabun padat.

LOADING LIST...
danurafa@gmail.com
Ngatirah, SP. MP - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP. MP (P) - Personal Name
Danu Rahmat Fauzi - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...