Ngatirah, SP. MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN BUBUK INSTAN DARI BUAH NANAS (Ananas comocus) DAN BUNGA KECOMBRANG (Etlingera elatior) YANG KAYA ANTIOKSIDAN MENGGUNAKAN METODE PENGERINGAN OVEN


Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan bubuk instan dari buah nanas dan bunga kecombrang menggunakan metode pengeringan oven bertujuan untuk mengetahui aktifitas antioksidan, kadar air, kadar abu, kecepatan larut, intensitas warna, dan organolaptik . Dengan menggunakan perbandingan 3 jenis filer yang berbeda antara dekstrin, karagenan, dan gum arab,bertujuan untuk mengetahui jenis filer terbaik terhadap minuman instan.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan terdiri dari dua faktor yaitu : faktor pertama perbandingan antara ekstrak buah nanas dan bunga kecombrang dengan taraf faktornya yaitu : A1 60 % : 20 %, A2 ,40 % : 40%, A3 , 20 % : 60 %. faktor kedua adalah Jenis filer 20 % yang dengan taraf faktornya adalah : B1 dekstrin, B2 gum Arab, B3 keragenan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan ekstrak buah nanas dan bunga kecombrang berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan, kesukaan aroma pada minuman instan. Tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, kecepatan larut, intensitas warna, kesukaan warna, dan rasa pada minuman instan. Penambahan Jenis filer 20% (dekstrin, gum arab, karagenan) berpengaruh terhadap kadar aktivitas antioksidan, kecepatan larut, serta berpengaruh terhadap kesukaan warna, aroma. Tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar abu, intensitas warna, dan uji kesukaan rasa pada minuman instan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan ekstrak buah nanas dan bunga kecombrang pada perlakuan A2 (40% : 40%) menghasilkan minuman instan dengan tingkat kesukaan tertinggi yaitu 4,42, mengandung kadar air=0,83%, aktivitas antioksidan=50,56%, kadar abu=0,83%, kecepatan larut=11,96 detik, intensitas warna=120,50. Sedangkan untuk penambahan jenis bahan pengikat pada perlakuan B1 (Dekstrin) menghasilkan minuman instan dengan tingkat kesukaan tertinggi yaitu 4,50, mengandung kadar air=0,93%, aktivitas antioksidan=65,04%, kadar abu=0,93%, kecepatan larut=12,09 detik, intensitas warna=120,33.

Kata Kunci : minuman instan, ekstrak buah nanas, bunga kecombrang, dekstrin, karagenan,gum arab.

LOADING LIST...
bucoxgps@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...