Ngatirah, SP.MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN EDIBLE FILM BERBASIS HIDROKSIPROPIL METHYL SELULOSA(HPMC) TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT(TKKS) DENGAN VARIASI KONSENTRASI PLASTICIZER GLISEROL


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari Edible Film berbasis HPMC( Hydroxyproply Methyl Cellulose) dari tandan kosong kelapa sawit dengan Variasi konsentrasi plasticizer gliserol yang sangat baik untuk di jadikan sebagai bahan pembuatan Edible Film dan untuk mendapatkan Edible Film yang terbaik dari semua perlakuan. Rancangan percobaan yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Blok Lengkap ( RBL) 2 Faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi HPMC yang terdiri dari 3 taraf( 1% ,2% dan 3%), sedangkan Faktor ke 2 Variasi konsentrasi gliserol dengan 3 taraf ( 5%, &,7,5% dan 10%). Edible film yang di hasilkan kemudian di analisis sifat fisik dan mekaniknya meliputi: laju transmisi uap air (WVTR), ketebalan, kuat tarik (tensile strength), persen elongasi dan kelarutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Konsentrasi HPMC berpengaruh terhadap ketebalan tensile strength dan elongasi film akan tetapi tidak memberikan pengaruh terhadap laju transmisi uap air, dan kelarutan Konsentrasi gliserol tidak pengaruh terhadap laju transmisi uap air WVTR, ketebalan film, tensile strength, elongasi film dan kelarutan.
Berdasarkan nilai WVTR terkecil maka perlakuan terbaik di peroleh pada konsentrasi HPMC 1% dengan hasil WVTR 40,88 (g/m2/jam), dan konsentrasi gliserol terbaik di peroleh pada konsentrasi 5% dengan hasil WVTR 42.49 (g/m2/jam).

LOADING LIST...
wihelmussulan@gmail.com
Ngatirah, SP.MP - Personal Name
WIHELMUS SULAN - Personal Name
DINA MARDHATILAH, STP.Msi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...