Ir. Kusumastuti, MSC. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN LILIN AROMATERAPI DENGAN VARIASI PERBANDINGAN PALM STEARIN DENGAN PARAFIN DAN PENAMBAHAN MINYAK ATSIRI JAHE MERAH


Penelitian pembuatan lilin aromaterapi dengan variasi perbandingan palm stearin dengan parafin dan penambahan minyak atisiri jahe merah ini bertujuan mengetahui parameter perbandingan formulasi stearin dan parafin yang tepat dalam pembuatan lilin aromaterapi, mengetahui pengaruh parameter jumlah penambahan minyak atsiri jahe merah yang sesuai dalam pembuatan lilin aromaterapi, dan mendapatkan karakteristik lilin aromaterapi yang disukai oleh panelis.
Penelitian dilakukakan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor pertama Faktor A yaitu perbandingan stearin : parafin dengan 3 taraf : A1 = 30 gram :10 gram, A2 = 20 gram : 20 gram, A3 = 10 gram : 30 gram. Faktor B yaitu jenis minyak atsiri jahe merah yang terdiri dari 3 taraf: B1 = 13 tetes, B2 = 19 tetes, B3 = 25 tetes.
Analisis yang digunakan untuk mengetahui analisis fisik yang meliputi titik leleh, tingkat kekerasan, dan uji laju aliran massa lilin, serta uji organoleptik yang meliputi letak titik sumbu, gelembung/ bintik udara pada permukaan lilin, kesukaan penampakan lilin keselruhan, kesukaan aroma lilin secara sensori, uji kesukaan aroma lilin saat dibakar, dan uji warna dan nyala api lilin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan jumlah stearin : parafin berpengaruh terhadap titik leleh, uji laju aliran massa lilin, letak titik sumbu, dan uji gelembung udara. Sedangkan, jumlah penambahan minyak atsiri jahe merah berpengaruh terhadap uji titik leleh, dan uji laju aliran massa lilin. Perbandingan jumlah stearin : parafin berpengaruh terhadap titik leleh, uji laju aliran massa lilin, letak titik sumbu, dan uji gelembung udara. Sedangkan, pada penambahan jumlah minyak atsiri jahe merah berpengaruh terhadap uji titik leleh, dan uji laju aliran massa lilin. Karakteristik lilin aromaterapi yang disukai oleh panelis tertinggi yaitu pada perlakuan A3 (10 gr stearin : 30 gr parafin) dengan skor 2,57 (suka). Sedangkan pada penambahan minyak atsiri jahe merah tertinggi pada perlakuan B3 (25 tetes) dengan skor 2,57 (suka).
LOADING LIST...
adipradananugroho@gmail.com
Ir. Kusumastuti, MSC. (P) - Personal Name
Ir. Sunardi, M. Si - Personal Name
NUGROHO ADI PRADANA - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...