Mahadir; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH WAKTU TUNGGU DAN BAGIAN BATANG TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS PENGUPASAN KULIT KAYU A. mangium MENGGUNAKAN PONTON DARAT KUPAS


Pemanenan hasil hutan kayu yang merupakan ujung tombak pengelolahan hutan yang baik. Bentuk kegiatan pemanenan pada pengelolaan hutan yang berasaskankelestarian adalah penebangan terhadap tegakan yang telah mencapai umur daur.Besar kecilnya hutan yang ditebang dalam kegiatan pemanenan tersebut ditetapkan menurut perhitungan etat yang menggunakan suatu metoda tertentu.
Penelitian ini dilaksanakan di PT. RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper). Estete Baserah (Selanjut), Kabupaten kuantan Singingi, Provinsi Riau. Pengamatan dilakukan pada proses pengupasan log kayu A. mangium dengan parameter yang diamati adalah waktu pengupasan, produktivitas pengupasan dan kualitas pengupasan. Penelitian ini merupakan penelitian faktorial dengan menggunakan Racangan Acak Lengkap (RAL) dengan uji lanjut DMRT.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa waktu tunggu dan bagian batang berpengaruh nyata terhadap produktivitas dan kualitas pengupasan. Produktivitas waktu tunggu hari ke-2 lebih besar dari waktu tunggu hari ke-4, produktivitas waktu tunggu hari ke-4 lebih besar dari waktu tunggu hari ke-6. Hasil produktivitas pengupasan potongan kayu waktu tunggu hari ke 2,4 dan 6 yang paling tinggi produktivitasnya berdasarkan bagian batang adalah pada potongan pangkal. Kualitas pengupasan kulit kayu berdasarkan waktu tunggu dan bagian batang yang paling bagus kualitasnya pada waktu tunggu hari ke-2 dari pada pada hari ke-4 dan ke-6. Rata-rata kualitas pengupasan yang paling bagus terdapat pada potongan ke-2 (bagian tengah), baik pada waktu tunggu hari ke-2, ke-4 dan hari ke-6.
LOADING LIST...
mahadirmohammed96@gmail.com
Mahadir - Personal Name
Ir. Surodjo Taat Andayani, MP - Personal Name
Didik Surya Hadi, S.Hut, MP (p) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...