Ir. Adi Ruswanto, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Studi Pengaruh Kualitas RBDPO terhadap Kualitas Biodiesel yang Dihasilkan


INTISARI
Telah dilakukan penelitian mengenai studi pengaruh kualitas RBDPO terhadap kualitas biodiesel yang dihasilkan dengan tujuan penelitan adalah untuk mengkaji pengendalian mutu produksi di PT. Peciama, mengkaji kapabilitas proses dan mengetahui korelasi antara kualitas RBDPO yang digunakan terhadap kualitas biodiesel yang dihasilkan.
Analisis pengendalian mutu menggunakan alat bantu peta kendali dan kapabilitas proses sedangkan untuk mengetahui korelasi antara kualitas RBDPO dengan kualitas Biodiesel menggunakan diagram tebar.
Hasil peta kendali menunjukkan bahwa kualitas RBDPO yang stabil adalah pada mutu FFA dan IV sedangkan mutu Moist tidak stabil. Pada pengendalian kualitas biodiesel didapatkan tidak ada yang berada pada batas kendali, baik pada parameter ester, Tri Gliserida (TG), Iodine Value (IV), Acid Value (AV) , metanol, gliserol bebas dan gliserol total.
Berdasarkan perhitungan kapabilitas proses dapat disimpulkan bahwa pada kualitas RBDPO dan Biodiesel semuanya menunjukkan kapabilitas proses yang baik. Berdasarkan hasil analisis diagram tebar dapat diketahui bahwa korelasi antara kualitas RBDPO dengan kualitas Biodiesel yang paling kuat korelasinya adalah pada korelasi antara IV RBDPO terhadap IV Biodiesel yaitu berkorelasi positif sedang atau diatas 0.40

Kata kunci : RBDPO, biodiesel, pengendalian proses statistika.
LOADING LIST...
zenius78@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP. MP (P) - Personal Name
Muhammad Ulin Nuha - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...