Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis hubungan perubahan tata guna lahan terhadap potensi ketersediaan air di Daerah Aliran Sungai (DAS)Serang Kab. Kulonprogo Ditinjau dari Aspek Hidrologi


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi ketersediaan air akibat terjadinya perubahan tata guna lahan di DAS Serang Kulon Progo yang ditinjau dari aspek hidrologi. Aspek hidrologi tersebut meliputi curah hujan, limpasan, dan debit aliran. Penelitian ini dilaksanakan di DAS Serang Kulon Progo, Yogyakarta.
Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui pengaruh perubahan tata guna lahan terhadap potensi ketersediaan air ditinjau dari aspek hidrologi. Penelitian ini dilaksanakan dengan pengolahan data sekunder diwilayah DAS Serang Kulonprogo. Data sekunder yang digunakan adalah data perubahan penutupan lahan, data jumlah penduduk, data curah hujan, data limpasan, dan data debit aliran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah curah hujan dan debit dalam beberapa tahun mengalami trend penurunan namun nilai limpasannya tinggi. Perubahan tata guna lahan dan peningkatan jumlah penduduk juga berpengaruh terhadap potensi ketersedian air di DAS Serang kulon Progo. Dampak akibat perubahan tata guna lahan yaitu meningkatnya jumlah limpasan sehingga menyebabkan debit aliran naik. Hal ini diakibatkan karena meningkatnya luas pemukiman, sawah, tambak, dan lahan terbuka selama 10 tahun terakhir dengan penambahan masing - masing seluas 522,57 Ha, 573, 26 Ha, 1,68 Ha, dan 1,12 Ha. Peningkatan luas lahan tersebut memperbesar laju limpasan selama 10 tahun yaitu sebesar 2,02 % per tahunnya.

Kata kunci: DAS Serang ; perubahan lahan ; dan ketersediaan air.

LOADING LIST...
wantini0298@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Taufik Rahmadi, S.Hut - Personal Name
Wantini - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...