Muhammad Muttaqin; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PUPUK KASCING DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT Mucuna bracteata (Mb)


Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh perlakuan dosis kascing dan frekuensi penyiraman serta interaksinya terhadap pertumbuhan Mucuna bracteata (Mb) telah dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian Kali Kunimg Instiper Yogyakarta, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Maret - Mei 2019 selama 8 minggu.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Faktorial yang disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design) 2 faktor. Faktor pertama adalah pemberian dosis pupuk kascing yang terdiri dari 4 aras, yaitu perlakuan kontrol (tanpa pupuk), dosis kascing 25 gram, 50 gram dan 75 gram. Faktor kedua adalah perlakuan frekuensi penyiraman yaitu penyiraman 1 hari 2 kali, 1 hari sekali, dan 2 hari sekali. Data dianalisis dengan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata dilakukan uji lanjut Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis pupuk kascing dan frekuensi penyiraman menunjukkan interaksi nyata pada parameter tinggi tanaman, berat segar tajuk, berat kering tajuk, dan berat kering akar. Namun tidak terjadi interaksi nyata pada parameter jumlah daun dan berat segar akar. Kombinasi perlakuan dosis pupuk 75 gram dan frekuensi penyiraman 1 hari 2 kali memiliki hasil terbaik.

Kata kunci : LCC (Legum Cover Crop), Mucuna bracteata (Mb), Kascing, Frekuensi penyiraman.

LOADING LIST...
mutmuttaqin30@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER YOGYAKARTA
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...