Dr. Dra. Yohana Theresia Maria Astuti, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

NERACA KARBON KEBUN KELAPA SAWIT DI PERKEBUNAN SWADAYA


Sebelum perkebunan kelapa sawit semakin terpojok akan adanya isyu sebagai penyebab utama gas rumah kaca, alangkah baiknya jika dilakukan penelitian secara berkala untuk membuktikan kebenarannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengukur neraca karbon pada perkebunan tersebut. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan juga memberikan gambaran emisi CO2 kebun kelapa sawit di Indonesia.
Peneletian dengan tujuan untuk mengetahui neraca karbon (C) pada kebun kelapa sawit swadaya di Desa Bukit Harum, Menthobi Raya, Lamandau, Kalimantan Tengah ini telah dilaksanakan pada bulan April 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Survei dilakukan untuk mengenal lokasi kebun penelitian serta menentukan lokasi pengambilan sampel. Dalam penelitian ini menggunakan dua jenis pengambilan data yaitu data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan semakin tua umur tanaman kelapa sawit nilai neraca karbon yang dihasilkan semakin besar. Neraca karbon kebun kelapa sawit swadaya Desa Bukit Harum pada umur kelapa sawit 5-7 tahun sebesar -7,44 ton CO2/ha/tahun, pada umur 8-10 tahun sebesar 0,04 ton CO2/ha/tahun, sedangkan pada umur 11-13 tahun sebesar 2,78 ton CO2/ha/tahun

LOADING LIST...
inhilyana@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...