Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS UMPAN DAN KELUARAN DENGAN LAMA PAENGENDAPAN CPO PADA PEMISAHAN MINYAK DI COT


Crude Oil Tank (COT) merupakan tangki pengendap crude oil yang berasal dari Vibrating Screen dan pemisah pasir atau Non Oil Solid. Crude Oil Tank (COT) berfungsi untuk mengendapkan partikel-partikel yang tidak larut dan masih lolos dari Vibrating Screen. Kapasitas COT pada Pt. Berkat Sawit Utama yaitu 12 m3 dengan Retention Time (waktu pengendapan) 40-50 menit, maka dapat dikatakan bahwa waktu pengendapan relatif singkat. Tangki berbentuk segi empat dengan lantai yang dibuat miring dan umumnya terdiri dari 3 (tiga) sekat. Sekat pertama untuk pengendapan kotoran, sekat kedua dan ketiga untuk menampung overflow dari sekat sebelumnya, prinsip kerja unit ini menggunakan over flow system
Tujuan dari penelian ini adalah Analisis umpan yang masuk ke COT dengan parameter minyak (%), kadar air (%), suhu (0c), dan sludge (%). Analisis keluaran dari COT dengan parameter minyak (%), kadar air (%), suhu (0c), dan sludge (%). Analisis hubungan lama pengendapan terhadap minyak (%), air (%), suhu (0c), dan sludge (%).
Penelitian dimulai dengan pengambilan sampel pada keluaran vibrating screen, kemudian menganlisis komposisi minyak (%), air (%), emulsi (%), dan sludge (%) menggunakan alat centrifuge dengan putaran 2000 rpm selama 5 menit. Kemudian sampel ke dua diambil dari keluaran crude oil tank dengan menganalisis komposisi minyak (%), air (%), emulsi (%), sludge (%), dan berat jenis minyak (g/cm3), dengan menggunakan metode variasi lama pengendapan yang dilakukan dengan waktu 60 menit, 120 menit, 180 menit.
Dari data penelitian lama pengendapan mempengaruhi komposisi persentase minyak dan sludge. Semakin lama pengendapan akan diperoleh komposisi minyak keluaran COT yang semakin tinggi berturut-turut pada pengendapan 60 menit = 29,16 %, pada 120 menit = 30,70 %, dan pada 180 menit = 35,75 %. Semakin lama pengendapan juga mengubah kadar komposisi sludge di keluaran COT berturut-turut pada pengendapan 60 menit = 40,40 %, pada 120 menit = 41,56 %, dan pada 120 menit = 43,82 %.

LOADING LIST...
semvrul7@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...