Ir. Sushardi S.Kh MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KARAKTERISTIK PELET KAYU BERDASARKAN KOMPOSISI PARTIKEL SENGON, KALIANDRA MERAH DAN JERAMI


INTISARI
Pertumbuhan populasi di Indonesia terus bertambah sehingga berdampak kepada konsumsi energi untuk menggunakan energi fosil yang terus bertambah dan menyebabkan kelangkaan dalam jangka panjang. Penggunaan konsumsi bahan bakar berlebihan menyebabkan peningkatan kadar gas CO (Karbon Monoksida) yang dapat menyebabkan kematian, sehingga perlu adanya solusi dalam menangani permasalahan tersebut yaitu pengembangan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan ketersediaan bahan baku yang berkelanjutan, salah satu energi terbarukan yang sangat potensial dan memungkinkan ketersediaannya adalah pelet kayu. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan komposisi yang sesuai SNI.
Penelitian ini dilakukan di beberapa tempat yaitu di, Laboratorium Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, INSTIPER Yogyakarta, Laboratorium UPT Sentral, Fakultas Pertanian, INSTIPER Yogyakarta dan Laboratorium Energi Kayu, Fakultas Kehutanan, UGM, Yogyakarta. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan faktor tunggal yaitu komposisi bahan baku. Hasil pengamatan uji karakteristik pelet yang berpengaruh nyata kemudian dilakukan uji lanjut dengan uji HSD (Honestly Significant Difference).
Pelet kayu berdasarkan penelitian ini mempunyai kadar air berkisar antara 11,30%-11,93%. Kerapatan berkisar antara 0,87 g/cm3-0,89 g/cm3. Kadar abu berkisar antara 11,43%-13,63%. Kadar zat mudah menguap berkisar antara 79,25%-80%, kadar karbon berkisar antara 7,76%-9,93% dan nilai kalor berkisar antara 5072-5130 kal/g. Hasil penelitian rata-rata komposisi sengon, kaliandra merah dan jerami memiliki kerapatan nilai kadar air, kadar uap yang sesuai dengan SNI 8021-2014 namun tidak dengan nilai kadar abu dan kadar karbon terikat. Komposisi terbaik yang didapat pada penelitian ini adalah komposisi bahan baku partikel kayu sengon 20%, kaliandra merah 20% dan jerami 60% (K1).


LOADING LIST...
Ir. Sushardi S.Kh MP. - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP - Personal Name
M Wildan Emil - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...