Dr. Ir. Candra Ginting, M.P (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN MULSA PLASTIK HITAM PERAK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL DARI TIGA VARIETAS TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L. )


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian mulsa plastik hitam perak terhadap pertumbuhan dan hasil dari tiga varietas tanaman cabai (Capsicum annuum L.). Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan dari bulan Maret sampai Juli 2018 di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang terdiri dari 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor Pertama adalah Perlakuan mulsa yang terdiri dari 3 aras yaitu, M0 : Tanpa Mulsa/Kontrol, M1 : Mulsa Perak dan M2 : Mulsa Hitam. Faktor kedua adalah varietas tanaman cabai yang terdiri dari 3 varietas yaitu: V1 : Varietas Yosi, V2 : Varietas Milea dan V3 : Varietas Marbun.
Berdasarkan hasil sidik ragam, pengaruh pemberian mulsa hitam perak terhadap pertumbuhan dan hasil dari tiga varietas tanaman cabai (Capsicum annuum L.) menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara jenis-jenis mulsa dengan beberapa varietas tanaman cabai pada tinggi tanaman cabai, jumlah bunga, jumlah buah merah, berat segar buah total dan berat segar tanaman. Hal ini berarti pemberian mulsa pada beberapa varietas tanaman cabai memberikan pengaruh secara terpisah pada parameter tersebut.
Kata kunci : Cabai merah kriting, Mulsa, dan Varietas.

LOADING LIST...
ppradanairfandi@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...