Betlehem Eufrato Marbun; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM BIOSLURRY DAN DOSIS PUPUK FOSFOR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan konsentrasi pupuk organik cair terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah dilaksanakan di Desa Jenengan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan April sampai Juni 2019.
Penelitian menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu macam bioslurry yang terdiri dari 2 macam yaitu pupuk padat dan. Faktor kedua adalah dosis 4 aras dosis pupuk P yaitu 0,5 g, 1,0 g, 1,5 g, dan 2,0 g. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara bioslurry dan dan dosis pupuk P terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Bioslurry padat dan cair memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, pemberian pupuk P dosis 0,5 g sudah mencukupi untuk mengahasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery yang baik.

Kata kunci : Pengaruh macam biosurry dan dosis pupuk P.
LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...