Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENERAPAN METODE NERACA AIR GUNA EVALUASI TINGKAT KEKRITISAN AIR PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI(DAS) SERANG DI KABUPATEN KULON PROGO


Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan suatu kesatuan aspek fisik, sosial dan ekosistem yang di dalamnya mengandung berbagai permasalahan yang komplek, seperti degradasi lahan yang berdampak pada beberapa bahaya dan bencana seperti banjir, erosi, sedimentasi dan kekeringan. Pola perubahan lahan tentu mempengaruhi keseimbangan daur hidrologi atau water cycle di dalam DAS sehingga menyebabkan beberapa permasalahan di dalam DAS.
Penelitian ini akan mengkaji aspek-aspek fisik melalui besaran kuantitas yang dihasilkan. Nilai-nilai fisik ini diantaranya dapat ditinjau dari segi hasil neraca air dengan metode Thornthwaite Mather untuk mengetahui surplus dan defisit air DAS dengan perhitungan parameter Evapotranspirasi metode blaney- Criddle dan Evapotranspirasi menggabungan evaporasi metode Penman dan transpirasi model Ritchie.
Analisa neraca air Thornthwaite Mather dengan perhitungan Evapotranspirasi metode Blaney- Criddle menunjukkan bahwa ketiga stasiun CH memiliki nilai koefisien runoff yang besar melebihi batas nilai koefisien runoff . Sedangkan pada perhitungan Evapotranspirasi menggabungan evaporasi metode Penman dan transpirasi model Ritchie menunjukkan bahwa pada semua jenis penggunaan lahan memiliki nilai koefisien runoff yang besar pada bulan Agustus. Pada penggunaan lahan belukar/semak memiliki nilai koefisien runoff sebesar 0.98, hutan produksi sebesar 0.90, kebun campur sebesar 0.89, sawah sebesar 0.97, dan Tegalan sebesar 0.93. Sedangkan untuk total defisit air selama setahun bila dibandingkan dengan total surplus selama setahun masih terdapat perbedaan yang cukup besar, untuk menngantisipasi agar ketersediaan air seimbang maka dilakukan konservasi air tanah, sehingga apabila mengalami musim kemarau cadangan air tanah dapat dimanfaatkan.
LOADING LIST...
dewinuraini987@gmail.com
Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P) - Personal Name
Taufik Rahmadi, S.Hut - Personal Name
DEWI NUR AINI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...