E. Nanik Kristalisasi, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK CAIR PADA BERBAGAI JENIS TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi pengaruh pupuk organik cair dan jenis tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Dusun Jenengan, Desa Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada bulan April sampai Mei 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah pupuk organik cair yang terdiri dari 4 aras (0, 2, 4 dan 6 ml/l) dan faktor kedua adalah jenis tanah yang terdiri dari 3 aras (regusol, latosol dan grumusol). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing-masing kombinasi perlakuan diulang 5 kali. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan Analisis Of Varian (Anova) pada jenjang nyata 5%. Bila ada beda nyata dilakukan pengujian lanjut dengan menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi nyata antara perlakuan konsentrasi pupuk organik cair dan jenis tanah terhadap parameter berat segar akar. Kombinasi perlakuan yang menunjukkan pertumbuhan bibit terbaik adalah konsentrasi pupuk organik cair 6 ml/l dan tanah latosol. Tanah latosol memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap parameter berat kering tajuk. Konsentrasi pupuk organik cair 4 dan 6 ml/l lebih baik terhadap kontrol, tetapi memberikan pengaruh yang sama dengan konsentrasi 2 ml/l terhadap parameter berat kering akar.

Kata Kunci : Pupuk organik cair, jenis tanah, bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
lamboytobing18@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...