Ir. Agus Prijono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI KESEHATAN POHON PADA JALUR HIJAU DI KELURAHAN MUJA MUJU KECAMATAN UMBULHARJO KOTA MADYA YOGYAKARTA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Perkotaan di Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan pesat. Wilayah perkotaan sebagai pusat aktivitas manusia dan kepadatan penduduk tinggi akan mengakibatkan area perkotaan lebih didominasi oleh lahan terbangun. Begitu juga dengan kota Yogyakarta. Dengan perkembangan kota yang cepat akan meningkatkan lahan terbangun dan sebaliknya ruang terbuka hijau akan mengalami penurunan. Hal ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan masyarakat sekitar yang beraktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, jumlah dan sebaran pohon serta status kesehatan pohon berdasarkan lokasi kerusakan, tipe kerusakan pohon, dan tingkat keparahan pohon pada jalur hijau.
Penelitian ini dilakukan di lakukan di 3 tempat yaitu Jl. Kerto, Jl. Ganesha II, dan Jl. Soga Kelurahan Muja muju Kecamatan Umbulharjo wilayah Kota Madya Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini di lakukan dengan metode sensus. Pada setiap pohon di jalan tersebut dilakukan Forest Health Monitoring (FHM) merupakan kegiatan pemantau hutan dan mengamati tajuk (Canopy loss) berupa : 1. Bagian pohon yang rusak, 2. Tipe kerusakan dan 3. Tingkat/nilai keparahan dari setiap pohon yang ada di kawasan. Dalam setiap kawasan akan dilakukan pengambilan contoh kawasan yang paling banyak mengalami kerusakan dan penyebab rusaknya pohon sehingga dapat dibandingkan dari ketiga kawasan tersebut serta dapat dilakukan pemeliharaan yang efektif dan secara intensif.
Jumlah pohon dan sebaran pohon di Jl. Kerto sebanyak 24 pohon yang terdiri dari jenis pohon yaitu tanjung, mangga, melinjo, talok, cemara, beringin; sedangkan di Jl. Ganesha II berjumlah 25 pohon yang terdiri dari jenis glodokan, dan ketapang; dan di Jl. Soga berjumlah 53 pohon yang terdiri dari jenis pohon yaitu tanjung, mangga, jambu, kakao, kelengkeng, talok, waru. Status kesehatan pohon di Jl. Kerto berjumlah 24 pohon terdapat 9 pohon sehat dan 12 pohon yang terserang penyakit, 3 pohon cabang bergerombol, kesehatan pohon di Jl. Ganhesa II berjumlah 25 pohon terdapat 6 pohon sehat dan 19 pohon terserang penyakit, dan kesehatan pohon di Jl. Soga berjumlah 53 pohon terdapat 32 pohon sehat, 13 pohon terserang penyakit, dan 7 pohon cabang bergerombol. Sebagian besar kerusakan pohon di 3 lokasi terdapat di bagian batang bagian bawah (kode 03), sedangkan tipe kerusakan yang sering dijumpai adalah luka terbuka (kode 03), dan kelas keparahan yang paling banyak ditemukan adalah kode 02 (20-29%).

LOADING LIST...
Ir. Agus Prijono, MP (P) - Personal Name
Yogi Dwi Agustian - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...