E. Nanik Kristalisasi, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM PUPUK ORGANIK DAN FREKUENSI PENYIRAMAN AIR KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


INTISARI
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam pupuk organik dan frekuensi penyiraman air kelapa terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2019 di Gang Persada IV, di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah macam pupuk organik yang terdiri atas 3 aras yaitu tanah regosol (kontrol), pupuk kandang sapi, pupuk hijau. Faktor kedua perlakuan penyiraman air kelapa yang terdiri atas 3 aras yaitu tanpa penyiraman air kelapa (control), penyiraman 2 hari sekali, penyiraman 4 hari sekali. Dari kedua faktor dapat diperoleh 9 kombinasi perlakuan dengan tiap-tiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan Analisis of Varian (Annova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat interaksi nyata antara macam pupuk organik dan frekuensi penyiraman terhadap tinggi tanaman pada pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Kombinasi perlakuan pupuk kandang sapi dengan penyiraman air kelapa 2 hari sekali menunjukkan hasil terbaik terhadap parameter tinggi bibit. Perlakuan pengaruh macam pupuk organik maupun frekuensi penyiraman air kelapa berpengaruh sama terhadap semua parameter kecuali tinggi bibit.

Kata Kunci : Macam pupuk organik, frekuensi penyiraman, bibit kelapa sawit

LOADING LIST...
rendisatria0712@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...