Istiti Purwandari, SP,. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN KOPERASI BAGI PETANI KOPI ARABIKA (STUDI KASUS DI KOPERASI PAPA TAKI KEC. BAJAWA, KAB. NGADA, PROV. NTT)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran koperasi bagi petani kopi Arabika. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2019 yang bertempat di Koperasi Papa Taki, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran koperasi bagi petani kopi Arabika dan mengetahu perbandingan pendapatan dan produktivitas anggota koperasi dan non anggota koperasi.
Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode komparatif. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sampling purposive. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 40 orang petani kopi Arabika dimana 20 petani kopi yang menjadi anggota koperasi dan 20 petani kopi non anggota koperasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa koperasi Papa Taki sudah berperan membantu petani kopi Arabika dalam kegiatan budidaya kopi Arabika, sistem pengolahan kopi dan sampai pada pemasaran hasil panen kopi Arabika. Produktivitas dan pendapatan usaha tani kopi anggota koperasi dan non anggota berbeda nyata.
Kata Kunci: Peran Koperasi, Usaha Petani, Kopi Arabika

LOADING LIST...
Bhebhenovi@gmail.com.id
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...