M Akbar Maulana Hardianto; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JUMLAH PELEPAH TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT STUDI KASUS DI PTPN V SEI GALUH KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU


ABSTRAK
Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah pelepah terhadap komponen pertumbuhan tanaman menghasilkan kelapa sawit, serta untuk mengetahui pengaruh jumlah pelepah terhadap komponen produksi tanaman menghasilkan kelapa sawit, telah dilaksanakan di di kebun PTPN V Sei Galuh, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada bulan Oktober 2019.
Penelitian ini merupakan percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) factor tunggal. Faktor yang dimaksud adalah jumlah pelepah yang terdiri dari 3 macam, yaitu 32 – 40, 41 – 48 dan 49 – 56 pada tanaman kelapa sawit dengan tahun tanam 2013 (TM 3).
Dari faktor tersebut kemudian diulang sebanyak 30 kali, sehingga jumlah tanaman kelapa sawit yang dibutuhkan dalam penelitian adalah 3 x 30 = 90 tanaman. Untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan dilakukan pengujian lanjutan menggunakan uji Duncan (DMRT) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jumlah pelepah berpengaruh terhadap pertumbuhan vegetatif, pertumbuhan vegetatif terbaik dihasilkan oleh pohon yang mempunyai 49 - 56 pelepah. Jumlah pelepah berpengaruh terhadap komponen produksi kelapa sawit, produksi tertinggi dihasilkan oleh pohon yang mempunyai 49 – 56 pelepah.

LOADING LIST...
akbarmaulana315@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...