Ir. Siman Suwadji, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH ALAT TANAM DAN TOPOGRAFI LAHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN SURVIVAL PENANAMAN Eucalyptus sp PADA AREAL MINERAL SOIL ESTATE BASERAH


Produktivitas dan Survival penanaman dipengaruhi oleh teknik penanaman. Alat tanam yang sesuai serta kondisi lahan akan meningkatkan produktivitas dan kualitas penanaman. di PT. RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) alat tanam yang digunakan masih belum merata, ada yang menggunakan alat tanam (latam) dan manual (taro-taro).
Penelitian ini dilakukan di PT RAPP Estate Baserah, metode yang digunakan yaitu rancangan acak lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik penanaman dan topografi lahan terhadap produktivitas dan kualitas penanaman. Peneltian menggunakan 2 faktorial dengan 3 kali ulangan.
Produktivitas dari alat tanam latam kelerengan datar (1,87 ha/hari), landai (1,67 Ha/hari), dan curam (1,37 Ha/hari). Produktivitas alat tanam taro-taro kelerengan datar (1,12 Ha/ hari), landai (1,10 Ha/hari), dan curam (0,94 Ha/hari). Survival alat tanam latam pada topografi datar 100%, landai 99,95%, dan curam 100%, sedangkan alat tanam taro-taro datar persentase hidup tanaman 100%, landai 99%, dan curam 98,5%.
Hasil analasis menunjukkan Interaksi alat tanam dan topografi lahan berpengaruh nyata terhadap produktivitas penanaman, namun tidak berpengaruh nyata terhadap kualitas penanaman. Alat tanam latam menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dari pada alat tanam taro-taro Topografi datar menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dari pada topografi landai dan curam.
LOADING LIST...
khoirumfikri98@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...