RIO PRATAMA GINTING; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT ( PRE NUSERY) MELALUI DAUN


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui macam pupuk yang tepat untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit serta untuk mengetahui penggunaan konsentrasi pupuk cair yang tepat bagi pertumbuhan bibit kelapa sawit, telah di laksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut pertanian stiper Yogyakarta di Maguwoharjo, kabupaten Seleman, Yogyakarta. Pada bulan Agustus- November 2019.
Penelitian ini merupakan percobaan factorial yang terdiri dari 2 faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor 1 macam pupuk cair yang terdiri dari 3 macam yaitu, jenis I, jenis II dan jenis III. Faktor 2 Konsentrasi pupuk cair yang terdiri dari 4 macam, yaitu 4 ml/l/ 4 tanaman, 6 ml/l, 8 ml/l dan 10 ml/ l. Dari kedua factor tersebut diperoleh 4 x 3 = 12 kombinasi perlakuan dan ulangan sebanyak 3 ulangan. Tiap ulangan digunakan 3 tanaman, sehingga jumlah seluruh tanaman dalam penelitian 12 x 3 x 3 = 108 tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi kombinasi yang baik antara jenis pupuk cair dan konsentrasi puupk cair terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery kecuali pada tinggi bibit. Pemberian jenis pupuk cair jenis 1, jenis 2 dan jenis 3 menghasilkan pertumbuhan yang sama baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Konsentrasi pupuk cair 8 ml/ltr dan 10 ml/l mampu menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery yang baik dibandingkan dengan konsentrasi lainnya.

Kata kunci : Jenis dan konsentrasi pupuk organik cair, bibit kelapa sawit di pre nursery

LOADING LIST...
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER YOGYAKARTA
2020
yogyakarta
LOADING LIST...