Tri Endar Suswatiningsih, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MANAJEMEN PEMANENAN TANAMAN KELAPA SAWIT (di PT. PILAR WANAPERSADA KABUPATEN LAMANDAU)


Penelitian mengenai Manajemen Pemanenan Tanaman Kelapa Sawit di PT. Pilar Wanapersada Bukit Pendulangan, Desa Tamiang, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan teknis pemanenan TBS kelapa sawit, mengetahui manajemen pemanenan, dan mengetahui hambatan pemanenan kelapa sawit.
Metode dasar yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif. Metode penentuan sampel dengan cara Purposive Sampling, sampel yang diambil berjumlah 16 orang yaitu tenaga kerja panen yang berstatus SKU.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Teknis yang dilakukan dalam kegiatan pemanenan yaitu potong buah, kutip berondolan, grading buah, mengangkut TBS ke TPH. (2) Cara manajemen pemanenan meliputi persiapan panen, kriteria panen, rotasi panen, taksasi panen, tenaga panen, transportasi panen, pembagian tugas panen, cara panen, potong buah, kutip berondolan, grading buah, basis premi, mutu ancak dan mutu buah. (3) Hambatan dalam manajemen panen bagi pemanen yaitu peralatan panen sudah memadai tetapi ada beberapa peralatan yang rusak dan perlu di perbaiki. Cara panen dan potong buah sudah sesuai dengan standar yang ditentukan tetapi masih terdapat tangkai panjang yang melebihi 2 cm. Pengutip berondolan sudah cukup baik tetapi ada yang masih belum terkutip semua. Serta mutu ancak sudah cukup bersih tetapi masih ada pemanen yang kurang tanggung jawab terhadap mutu ancaknya. Hambatan manajemen bagi perusahaan yaitu rotasi panen sudah baik tetapi masih terdapat beberapa rotasi yang panjang. Perhitungan AKP merupakan faktor utama dalam menentukan kegiatan yang berkaitan dengan panen seperti estimasi produksi, jumlah tenaga kerja, dan jumlah armada yang dibutuhkan kebutuhan tenaga kerja yang kurang, serta kebutuhan transportasi. Maka penentuan AKP yang kurang akurat menyebabkan tidak sesuai jumlah produksinya.

Kata kunci : Manajemen Kelapa Sawit, Pemanenan

LOADING LIST...
lianyeol11@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...