Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RANCANG BANGUN ALAT PANANEN OTOMATIS BERBASIS PNEUMATIK UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI


Panen merupakan kegiatan mengambil hasil atau Tandan Buah Segar (TBS) yang telah matang berdasarkan parameter perubahan warna buah dan jumlah brondolan yang jatuh. Panen sawit dengan sistem konvensional memiliki banyak kelemahan, antara lain: produktivitas yang rendah, membutuhkan upah tenaga kerja yang akan meningkat tiap tahunnya, membutuhkan tenaga kerja yang ahli dan berpengalaman, juga memiliki resiko cidera yang tinggi.
Tujuan dari pembuatan alat ini yaitu, mendesain alat pemanen sawit otomatis yang cocok untuk perkebunan dan memudahkan operasional panen di Indonesia, menentukan sudut titik potong dan jarak yang optimum untuk melakukan harvesting menggunakan alat pemanen sawit otomatis berbasis pneumatic, menganalisis performa kinerja alat pemanen sawit otomatis berbasis pneumatic.
Sudut potong yang optimum pada penelitian ini yaitu pada sudut 30o, pada sudut potong ini alat lebih efisien memotong pelepah tangkai TBS.Analisis peforma kinerja alat pneumatic ini mempunyai kapasitas kerja 0,15 ha/jam dan kapasitas cantas dodos 0,16 ha/jam, dan kapasitas dodos pada perusahaan 0.04 ha/jam efisiensi alat pneumatic 95,7% yang lebih baik dari efisiensi cantas 92,8%.

LOADING LIST...
martinustambunan44@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...