Dr. Achmad Himawan, S.Si., M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Pengaruh Aplikasi Limbah Cair PKS (Pabrik Kelapas Sawit) Terhadap Pertumbuhan Dan Produktivitas Tanaman Kelapa Sawit


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui manfaat limbah cair perkebunan kelapa sawit terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit dan untuk mengetahui manfaat limbah cair perkebunan kelapa sawit terhadap produktivitas tanaman kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan dikebun PT Smart TBK, kecamatan; Aek Kua, Kabupaten; Labuhan Batu Utara, Desa; Padang Halaban, Provinsi; Sumatera Utara.
Metode penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, masing-masing sampel terdiri dari 3 blok. Setiap blok ditentukan sebanyak 15 tanaman sampel secara acak dengan varietas dan umur tanaman yang seragam sehingga diperoleh 2 X 3 blok X 15 tanaman = 90 sampel tanaman. Disamping itu juga dikumpulkan data pengamatan dan pengukuran karakter agronomi terhadap tanaman sampel. Setiap perlakuan aplikasi LCPKS (Limbah cair pabrik kelapa sawit) dan yang tidak menggunakan LCPKS (Limbah cair kelapa sawit).
Hasil penelitian menunjukan bahwa aplikasi Limbah Cair Kelapa Sawit (LCPKS) dapat mempengaruhi tinggi batang tanaman kelapa sawit, jumlah pelepah, diameter batang, panjang pelepah, jumlah tandan, jumlah bunga jantan dan jumlah bunga betina tanaman kelapa sawit. Tanaman kelapa sawit tahun tanam 2014 dari parameter yang diamati menunjukkan hasil tidak berbeda nyata. Tanaman kelapa sawit tahun tanam 1999 dari parameter yang diamati menunjukkan hasil tidak berbeda nyata. Tanaman kelapa sawit tahun tanam 1996 dari parameter yang diamati, lima parameter menunjukkan hasil tidak berbeda nyata. Dan dua parameter memiliki perbedaan nyata.
Kata Kunci : Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit, Produksi Kelapa Sawit, Pertumbuhan Produktivitas

LOADING LIST...
izharpohan03@gmail.com
Dr. Achmad Himawan, S.Si., M.Si - Personal Name
Ir Pauliz Budi Hastuti,MP (P) - Personal Name
Izhar Pohan - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...