Ir. Sushardi, SKh, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI PERBANDINGAN BIAYA PENGANGKUTAN KAYU Eucalyptus pellita BERDASARKAN LAMA WAKTU KAYU DI LAPANGAN SETELAH PENEBANGAN DI PT RAPP ESTATE TESO


Harvesting adalah pemamenan hasil hutan berupa kayu dari tempat tumbuhnya yang selanjutnya di kirim ke pabrik sebagai tempat pengolahannya. Dalam kegiatan harvesting terdapat proses pengangkutan kayu. Proses pengangkutan kayu perlu dilakukan agar kayu hasil pemanenan dapat dikirim ke areal produksi sebagai bahan baku. Kayu yang ada di lapangan tidak dapat dikirim sekaligus ke pabrik sehingga menyebabkan perbedaan lama waktu kayu di lapangan sebelum diangkut. Namun pada proses pengangkutan kayu ada hal yang diperhatikan oleh pihak perusahaan, hal tersebut merupakan biaya pengangkutan kayu. Biaya pengangkutan kayu berdasarkan lama waktu kayu di lapangan akan mempengaruhi biaya pengangkutan yang dikeluarkan. Hal tersebut dikarenakan perbedaan kubikasi dan tonase kayu yang diangkut. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi berapa lama waktu kayu di lapangan yang memiliki biaya pengangkutan paling rendah.
Penelitian dilakukan di Estate Teso Compartment C.031 dan Spesies yang digunakan sebagai data adalah Eucalyptus pellita dengan parameter yang diamati adalah kubikasi kayu, tonase kayu dan biaya pengangkutan kayu. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang membandingkan hari lama waktu kayu di lapangan yang efisien untuk diangkut.
Dari hasil penelitian ini didapatkan data bahwa lama waktu kayu di lapangan mempengaruhi biaya pengangkutan kayu berdasarkan tonase kayu yang diangkut. Biaya pengangkutan kayu yang paling efisien terdapat pada lama waktu kayu di lapangan selama 4 hari. Hal ini karena biaya pengangkutan kayu pada hari-4 lebih rendah dibandingkan pada hari ke-6 dan ke-8.

LOADING LIST...
edivirgo22@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...