Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISI PENGARUH BERONDOLAN HITAM TERHADAP KUALITAS MINYAK CPO PRODUKSI


Dalam pabrik kelapa sawit pencapaian mutu standar produksi akan berpengaruh terhadap harga minyak produksi. standar mutu minyak sawit antara lain asam lemak bebas, kadar air, kadar kotoran. Faktor yang mempengaruhi mutu minyak CPO adalah brondolan hitam yang terproses, akibat ulah pemasok yang tidak memperdulikan kualitas buah dan minyak yang didapat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perubahan kualitas minyak dan perubahan rendemen pada brondolan hitam, berdasarkan pariasi lama penyimpananya dan melakukan pemcampuran minyak CPO brondolan hitam hasil ekstraksi dengan CPO hasil ekstraksi brondolan yang kualitas lebih baik dengan komposisi yang optimal untuk menaikan kualitas CPO..
Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif, data diambil dari analisis minyak brondolan hitam dengan cara diekstraksikan untuk mengetahui berapa rendemen minyanyak yang didapat serta berapa kenaikan asam lemak bebas yang didapat. Untuk menaikan kualitas minyak dilakuan metode blending serta mencari komposisi yang optimal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin lama brondolan hitam disimpan maka minyak yang didapat semakin berkurang, dengan laju penurunan 6% selama 5 hari. selain itu asam lemak bebas yang didapat semakin tinggi dengan laju kenaikan 1% perhari. Adapun cara yang dilakukan untuk menurunkan kerusakan kualitas minyak adalah dengan metode pencampuran minyak brondolan hitam dengan minyak yang lebih baik mutunya, untuk mengurangi mutu minyak yang rusak dengan komposisi 40:60% dan didapat hasil yang optimal FFA kurang dari 2% yaitu 1,36%.

Kata kunci : Brondolan hitam, Ekstraksi, dan Ekstraktor.

LOADING LIST...
sikturi.vorusv@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...