Wira Sukwanda; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA DAN KONSENTRASI PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN KEPALA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam dosis limbah rumah tangga dan konsentrasi pupuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Desa Jenengan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan April sampai Juni 2019.
Penelitian menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap yang terdiri dari 2 faktor. Faktor yang pertama yaitu macam dosis limbah rumah tangga yang terdiri dari 3 macam dosis yaitu limbah rumah tangga dosis 0, 5 dan 10 ml/bibit, faktor kedua adalah konsentrasi pupuk NPK 0, 1, 2, dan 3 g/1liter air. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara macam dosis limbah rumah tangga dan konsentrasi pupuk NPK. Dari semua macam dosis limbah rumah tangga memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery dan pemberian semua konsentrasi pupuk NPK memberikan pengaruh yang sama terhadap bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : limbah rumah tangga, pupuk NPK, bibit kelapa sawit, pre nursery
LOADING LIST...
wira140798@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...