Christina Wahyu Ary Dewi, SP, M.Eng; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANI KENTANG (SOLANUM TUBEROSUM L (Studi Kasus di Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah)


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani kentang, jumlah produksi, penerimaan, pendapatan, dan untuk mengetahui kelayakan usahatani kentang di Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog. Metode dasar dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan snowball sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah para petani kentang dengan jumlah responden 30 orang. Tempat penelitian ini dilakukan di Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. metode pengambilan data menggunakan metode primer. Dan metodeh pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan pencatatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usahatani kentang di Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog seacara ekonomis layak diusahakan karena R/C ratio sebesar 3,80. Dengan luas lahan yang dimiliki oleh petani 0,1-0,5 Ha dengan rata-rata luas lahan sebesar 0,25 Ha yang digunakan untuk usahatani kentang.

Kata kunci : Analisis Pendapatan Usahatani Kentang, Biaya Produksi, Penerimaan Usahatani Kentang, dan Kelayakan Usahatani Kentang.







LOADING LIST...
faisalpras5@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...