Candra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI ALAT PENGUPAS KEDELAI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADA INDUSTRI KECIL PENGOLAHAN TEMPE


Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus oligosporus, makanan ini banyak disukai karena rasanya yang lezat, harganya murah dan mudah didapat. Proses pembuatan tempe skala rumah tangga umumnya masih dilakukan dengan cara tradisional atau manual terutama pada proses pemecahan/pengupasan kulit ari kedelai yang akan diolah menjadi tempe dengan cara menginjak-injak sehingga membuat bahan/produk menjadi tidak higenis. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah diaplikasikan alat pemecah kedelai yang digerakkan oleh motor listrik.
Tujuan penelitian ini adalah mengaplikasikan alat pemecah kedelai untuk mengkaji secara teknis : kapasitas alat, efektif, efisiensi, konsumsi bahan bakar, menghitung biaya pokok alat, dan mengevaluasi hasil pengolahan kedelai dalam pembuatan tempe.
Hasil penelitian alat pemecah kedelai diperoleh kapasitas kerja alat sebesar 140,4 kg/jam dengan efisiensi 93,6%; dan diperoleh efesiensi pemecah 84,3%; Analisis kelayakan ekonomi diperoleh nilai Net Present Value sebesar Rp. 142.021.376, nilai Benefit Cost Ratio sebesar 2,34 sehingga dapat dinyatakan layak investasi (feasible); dengan nilai Break Event Point sebesar 37.419 unit dan Pay Back Periode sebesar 5,04 bulan.
Kata kunci : Kedelai, Tempe, Mesin Pemecah, Analisa Teknik, Analisa Kelayakan
Ekonomi

LOADING LIST...
mhdcandra09@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...