ALLEDYA LABORA PURBA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KESEJAHTERAAN TENAGA KERJA TETAP PEMETIK TEH DI PERKEBUNAN TEH (STUDI KASUS: PTPN IV, KECAMATAN SIDAMANIK, KABUPATEN SIMALUNGUN, SUMATERA UTARA)


KESEJAHTERAAN TENAGA KERJA TETAP PEMETIK TEH DI PERKEBUNAN TEH (STUDI KASUS: PTPN IV, KECAMATAN SIDAMANIK, KABUPATEN SIMALUNGUN, SUMATERA UTARA)
Alledya Labora Purba 1, Ismiasih 2, Christina Wahyu Ary Dewi 3
Fakultas Pertanian Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan tenaga kerja tetap pemetik teh dan mengetahui upaya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja tetap pemetik teh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2019 di Perkebunan Teh (Studi Kasus: PTPN IV, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara).
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis deskriptif. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja metode Purposive Sampling dengan mengambil 35 orang. Metode pengambilan dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari pihak perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesejahteraan tenaga kerja tetap pemetik teh di perkebunan Sidamanik sudah dapat dikatakan sejahtera, yang dapat dilihat dari indikator kesejahteraan meliputi pendapatan, pengeluaran, pendidikan, jumlah tanggungan, tempat tinggal, jaminan kesehatan, pemberian fasilitas fisik dan non fisik. Dan juga indikator kesejahteraan menurut BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) dan upaya-upaya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja tetap di perkebunan teh Sidamanik dapat dilakukan dengan cara program pelatihan, perbaikan sarana tempat tinggal, dan juga pemberian kompensasi.

Kata kunci: Kesejahteraan, Tenaga Kerja Tetap


LOADING LIST...
alledyalp@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...