LILIT SUGANDA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS MULSA DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PAKCOY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai jenis mulsa dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy. Penelitian ini dilaksanakan 11 agustus 2019 sampai dengan 19 september 2019 di Maguwoharjo, Depok, Sleman Yogyakarta.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan factorial disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor pertama yaitu jenis mulsa yang terdiri dari 4 aras yaitu M0 = control, M1 =mulsa biogetekstil, M2 = mulsa daun kelapa sawit dan M3 = daun alang-alang kemudian factor kedua adalah factor frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu P1 = 1 hari sekali, P2 = 2 hari sekali dan P3 = 3 hari sekali
Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang terbaik adalah P1 1 hari sekali media tanam yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy adalah penggunaan biogeotekstil. Dari segi tanaman pun menunjukan bahwa penyiraman 1 hari sekali sangat baik selain menjaga kelembaban tanah dan mencukupi air dari tanaman pakcoy, karna tanaman pakcoy sangat rentan sekali jika tidak ada nya air. tanaman pakcoy selain layu dan mati, Sedangkan perlakuan yang lain masih kurang baik.
Kata kunci : Mulsa, frekuensi penyiraman, biogeotekstil, pakcoy.
LOADING LIST...
lilitsuganda96@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...