HASTANTO BOWO W.,S.Hut.MP(P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

POTENSI STOK KARBON DI LAHAN AGROFORESTRY DI DESA HARGOSARI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL


Salah satu pemanfaatan hutan yaitu dengan melakukan agroforestry. Agroforestri adalah system penggunaan lahan (usaha tani) yang mengombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian untuk meningkatkan keuntungan, baik secara ekonomis maupun lingkungan. Komponen utama konsep agroforestry adalah komponen kehutanan, pertanian dan/atau peternakan, sehingga dalam konsep agroforestry dibagi menjadi 3 sistem diantaranya yaitu Kebun campur penyangga mata air, Tumpangsari dan Apikultur. Dalam penerapan agroforestri ini secara tidak langsung kita telah meningkatkan produksi yang dihasilkan dari hutan, akan tetapi dalam penerapan agroforestry ini dibutuhkan penerapan system silvikultur yang berkelanjutan. Selain memperhatikan aspek produktifitas tentunya juga harus memperhatikan dampak lingkungan atau ekologi seperti mencegah tanah terdegradasi, melestarikan sumber daya hutan, meningkatkan mutu pertanian.
Prinsip dalam menghitung total cadangan karbon hutan didasarkan pada kandungan biomassa dan bahan organik pada lima carbon pool (biomassa atas permukaan tanah, biomassa bawah permukaan tanah, kayu mati, serasah dan bahan organik tanah) sesuai dengan IPCC 2003. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sytematic sampling with random start bagi lahan hutan Agroforestry. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah data primer dan data sekunder.
Data hasil penelitian yang di lakukan pada lahan agroforestry diwakili oleh 3 jenis lahan , yaitu lahan Apikultur, lahan kebun campur penyangga mata air, dan lahan tumpangsari di mana pada lahan tersebut hasil cadangan carbon yang di hasilkan berbeda beda, pada lahan Apikultur menghasilkan cadangan carbon sebesar 89.657 kg/ha di lahan kebun campuran penyangga mata air menghasilkan cadangan carbon sebesar 65.128 kg/ha dan di lahan tumpangsari menghasilkan cadangan carbon sebesar 48.062 kg/ha.

LOADING LIST...
HASTANTO BOWO W.,S.Hut.MP(P) - Personal Name
Ir. Rawana, MP (P) - Personal Name
KHAFIDUL IKHSAM - Personal Name
NONE
Text
LOADING LIST...