Irma Maya Sopa; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ADOPSI ALAT TEKNOLOGI PERTANIAN TANAMAN PADI DI DESA PANDOOHARJO KECAMATAN SLEMAN KABUATEN SLEMAN YOGYAKARTA


Adopsi alat teknologi di kalangan petani pedesaan masih lamban. Beberapa faktor yang mungkin menghambat adopsi alat pertanian antara lain petani tidak mengadopsi teknologi pertanian sesuai yang dianjurkan karena hal tersebut asing bagi mereka. Penelitian ini bertujuan : 1. Mengetahui besar tingkat adopsi teknologi petani pada lahan pertanian di Desa Pandowoharjo, 2. Mengetahui hubungan antara karakteristik sosial ekonomi petani (umur, tingkat pendidikan, luas lahan dan pengalaman bertani) terhadap adopsi alat teknologi pertaian di Desa Pandowoharjo.
Penelitian ini dilakukan di Dusun Karang Tanjung Desa Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Provinsi Yogyakarta pada bulan Juli 2019. Metode yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang. Dari data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan aplikasi SPSS dengan variabel : umur petani (X1), pendidikan petani (X2), luas lahan (X3), pengalaman bertani (X4). Dari empat variabel independen dan satu variabel dependen hanya ada satu variabel independen yang berpengaruh nyata terhadap variabel dependen yaitu variabel luas lahan (X3).
Hasil menunjukkan bahwa adopsi alat teknologi pertanian di Desa Pandowoharjo masih rendah dengan presentase 15,3% dikarenakan luas lahan yang senpit sehingga mempengaruhi petani untuk tidak menggunakan alat teknologi pertanian. Sedangkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh nyata antara variabel independen terhadap variabel dependen, dan hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa : umur petani (X1) t hitung < t tabel (0,306 < 1,68) artinya tidak ada pengaruh nyata terhadap adopsi alat teknologi, pendidikan (X2) t hitung < t tabel (0,985 < 1,68) artinya tidak ada pengaruh nyata terhadap adopsi alat teknologi pertanian, luas lahan (X3) t hitung > t tabel (1,908 > 1,68) artinya ada pengaruh nyata terhadap adopsi alat teknologi pertanian, dan pengalaman pertanian (X4) t hitung < t tabel (-1,578 < 1,68) artinya tidak ada pengaruh nyata terhadap adopsi alat teknologi pertanian.
Kata kunci : Adopsi, Alat Teknologi Pertanian, Tanaman Padi

LOADING LIST...
irmamaya21070@gmail.com
Irma Maya Sopa - Personal Name
Fitri Kurniawati, SP.,MP - Personal Name
Christina Wahyu Ary Dewi,SP.,M.Eng - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...