Hangger Gahara Mawandha, SP. M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMAKAIAN JENIS HERBISIDA YANG BERBEDA TERHADAP KOMPOSISI GULMA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. PADASA ENAM UTAMA TELUK DALAM


Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui komposisi gulma yang terdapat di kebun TM pada jenis herbisida Glifosat dan paraquat dan mempelajari teknis mengasah pola pikir suatu yang terjadi di kebun kelapa sawit, dan mempelajari serta mengetahui manajemen pengelolaan gulma.
Penelitian ini dilakukan di PT. Padasa Enam Utama Teluk Dalam ,gulma diteliti di afdeling VI Biliton , Kec. Teluk Dalam, Kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara yang dimulai pada bulan Mei sampai Juni 2019. dengan menggunakan metode kuadrat, yang di teliti adalah jumlah individu setiap sampel jenis gulma, gulma yang telah dihitung kemudian di analisis untuk mengetahui kerapatan, frekuensi, serta dominasi mutlaknya, setelah itu dapat ditentukan SDR (Summed Dominance Ration). Pengambilan sampel dilakukan di pasar pikul dengan memakai tali rafia berukuran 90 X 90 cm dengan jumlah 10 sampel, lalu peneliti mengambil berat kering dengan cara di oven selama 24 jam, setelah itu di analisis.
Selanjutnya peneliti mengamati hasil komposisi gulma di perkebunan PT. Padasa Enam Utama Teluk dalam yaitu 11 jenis gulma di herbisida glifosat dan 5 jenis di herbisida Paraquat, dan 2 jenis gulma yang sama, Hasil menunjukan bahwa dikebun TM pada jenis herbisida Glifosat dan Paraquat terdapat nilai W= 28,05%. Hal ini menunjukan bahwa komposisi gulma yang ada di kebun TM pada jenis herbisida glifosat dan Paraquat adalah heterogen atau tidak seragam.
Kata Kunci : Komposisi, Gulma Dominan, Keragaman Komunitas Gulma.


LOADING LIST...
indrapurba1109@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKARA
LOADING LIST...