Trio Rahmadhani; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS LAHAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TERHADAP KUALITAS BUAH DAN KUALITAS PANEN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jenis lahan terhadap kualitas buah dan kualitas panen, penelitian ini dilaksanakan di PT. Dharma Satya Nusantara Tbk., PT Dharma Intisawit Nugraha Long Kejiak 3 Estate, Afdeling 9, Muara Wahau, Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur pada bulan september 2019.
Penelitian ini menggunakan metode analisis korelasi untuk mengetahui adanya hubungan perbedaan jenis lahan dengan kualitas buah dan kualitas panen kelapa sawit. jenis lahan yang diambil adalah lahan datar dan lahan berbukit untuk mengetahui pengaruh terhadap kualitas buah dan kualitas panen dilakukan uji-T.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas buah dan kualitas panen lebih baik di lahan datar dibandingkan pada lahan berbukit. Analisis kualitas buah menunjukkan lahan datar memberikan pengaruh kualitas buah yang lebih baik pada parameter jumlah buah matang, jumlah buah busuk, dan jumlah tangkai pendek. Analisis kualitas panen menunjukkan lahan datar memberikan pengaruh kualitas panen yang lebih baik pada parameter brondolan di piringan dan brondolan di pasar pikul.

Kata kunci : Jenis Lahan, Kualitas Panen, Kualitas Buah.

LOADING LIST...
TRIO.RAHMADHANI@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...