Angga Andriansyah Nst; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KONTRIBUSI TENAGA KERJA WANITA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI PT. SMART TBK, KECAMATAN AEK KUO, KABUPATEN LABUHANBATU UTARA, PROVINSI SUMATERA UTARA


KONTRIBUSI TENAGA KERJA WANITA TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI PT. SMART TBK PADANG HALABAN, KECAMATAN AEK KUO, KABUPATEN LABUHANBATU UTARA, PROVINSI SUMATERA UTARA
Disusun oleh:
ANGGA ANDRIANSYAH NST
16/18604/EP
INTISARI
Wanita yang bekerja diluar rumah dapat dilatar belakangi oleh berbagai faktor. Wanita yang bekerja diluar rumah, terutama buruh perempuan di perkebunan kelapa sawit banyak menghabiskan waktu dengan rekan kerja di tempat ia bekerja. Interaksi dan sosialisasi lebih banyak dilakukan ditempat ia bekerja. Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mengetahui kontribusi tenaga kerja wanita terhadap pendapatan keluarga di PT. Smart Tbk. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja wanita.
Penelitian ini dilakukan di PT. Smart TBk Padang Halaban Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Provinsi Sumatera Utara pada juni 2019. Metode yang digunakan yaitu stratified purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang terdiri dari 26 orang tenaga kerja wanita PKWT dan 4 orang tenaga kerja SKU. Dari data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kontribusi tenaga kerja wanita terhadap pendapatan keluarga dan dianalisa dengan menggunkan aplikasi Eviews 7 dengan variabel independen : usia (X1), jumlah tanggungan (X2), tingkat pendidikan (X3), status pekerjaan (D1) dengan variabel dependen yaitu pendapatan (Y) untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pendapatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kontribusi tenaga kerja wanita terhadap pendapatan keluarga sebesar 50% hal ini dikarenakan jumlah pendapatan pria dan wanita sama dan tidak ada tambahan dari pendapatan anggota keluarga yang lain. Dan faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap pendapatan tenaga kerja wanita yaitu tingkat pendidikan dan status pekerjaan.

Kata Kunci: Pendapatan keluarga, Tenaga kerja wanita

LOADING LIST...
andriansyahnst08@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...