HANGGER GAHARA MAWANDHA, SP., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH HERBISIDA 2,4 D, PARAQUAT DAN KOMBINASINYA PADA GULMA NEPHROLEPIS BISERRATA DI KEBUN KELAPA SAWIT MENGHASILKAN


Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas herbisida tunggal maupun campuran pada Nephrolepis biserrata di kebun kelapa sawit menghasilkan (TM) dan dilaksanakan di Dusun gunung batu, Desa Karimunting, Kecamatan Sei Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. Waktu penelitian dimulai pada bulan Desember 2019.
Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap (Randomized Completely Block Design) yang terdiri dari 1 faktor. Faktor yang dimaksud adalah beberapa jenis perlakuan yang terdiri dari 3 jenis, yaitu, herbisida paraquat, Herbisida 2,4 D, Herbisida Paraquat + 2,4 D ditambah dengan perlakuan kontrol dan mekanis. Diulangan sebanyak 4 kali padan setiap perlakuan sehingga kebutuhan petak penelitian sebanyak 5 x 4 = 20 petak. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam (Analisis of variance) pada jenjang nyata 5%. Bila ada beda nyata diuji lanjut dengan uji Duncan atau DMRT (Duncan Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa herbisida paraquat dan kombinasi herbisida paraquat dan herbisida 2,4 D menunjukkan keracunan lebih awal dan lebih berat sedangkan 2,4 D keracunannya lebih ringan dan lambat. Herbisida paraquat dan 2,4 D sangat efektif dalam membunuh gulma Nephrolepis biserrata.

Kata kunci : Herbisida paraquat, Herbisida 2,4 D, Nephrolepis biserrata


LOADING LIST...
nikoriandy@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...