Theo Samuel Gandawinata; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIFITAS HERBISIDA GRAMOXONE DAN HERBATOP DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP DAYA BUNUH GULMA DI AREAL GAMBUT


INTISARI
Dalam memenuhi kebutuhan bahan baku yang digunakan untuk produksi pulp dan kertas, PT RAPP mengelola Hutan Tanaman Industri (HTI) yang tersebar pada beberapa kawasan di provinsi Riau. Pembangunan HTI banyak mengalami kendala, terutama dalam pertumbuhan tanaman pokok pada areal gambut kususnya. Sering kali tanaman pokok yang ditanam tidak sesuai dengan harapan sehingga tidak bisa dipanen. Salah satu hal yang dapat menyebabkan HTI gagal panen adalah gulma. Pengendalian terhadap gulma dapat dilakukan secara mekanik dan secara kimia. Pada PT. RAPP pengendalian gulma dilakukan secara kimia dengan cara menyemprotka herbisida pada gul
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi gulma pada estate Pelalawan serta mengetahui konsentrasi herbisida jenis paraquat yang tepat untuk pengendalian gulma. Penelitian ini menggunakan metode percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dibantu dengan menggunakan tally sheet yang meliputi jumlah gulma serta lama hari kematian gulma. Parameter yang diamati meliputi : vegetasi gulma ( INP ), tingkat kematian gulma, dan lama waktu kematian gulma.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak adanya pengaruh yang signifikan antara dua jenis merek racun herbisida gramoxone dan herbatop dengan konsentrasi yang digunakan terhadap presentase kematian gulma. Penilaian pada kualitas penyemprotan dapat dilakukan pada hari ke lima setelah aplikasi herbisida tersebut.
Kata kunci : Uji Efektifitas, Herbisida, Gramoxone, Herbatop, Konsentrasi, Daya Bunuh, Gulma, Gambut.
LOADING LIST...
gandawinata.samuel14@gmail.com
Theo Samuel Gandawinata - Personal Name
Ir. Rawana, MP - Personal Name
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...