Hans Bimantara Arum Ambarsari, SP., MP. (P) Dr. Ir Danang Manumono, MS.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Pendapatan Dan Sosial Ekonomi Petani Tembakau Di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah


Penelitian ini dilakukan Di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, Bertujuan untuk mengetahui pendapatan rumah tangga petani tembakau dan sosial ekonomi petani tembakau. Metode yang digunakan Deskriptif analisis, sebanyak 30 responden data diambil dengan analisis pendapatan dan sosial ekonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan rumah tangga petani tembakau sebesar Rp. 61.338.758 per usahatani per tahun. Pendapatan petani dari usahatani tembakau sebesar Rp. 21.770.526 per usahatani per tahun. Pendapatan petani dari usahatani selain tembakau Rp. 23.855.732 per usahatani per tahun. Pendapatan petani selain usahatani sebesar Rp. 15.712.500 per tahun. Masyarakat masih memegang budaya gotong-royong dan guyub rukun. Kondisi rumah petani mayoritas berbentuk permanen. Setiap petani memiliki hewan ternak sapi sebagai media pupuk kandang dan sapi yang dimiliki dapat dijual dengan membeli sapi yang lebih muda. Kendaraan motor dan telepon genggam menjadi kebutuhan primer setiap petani punya. Petani menabung di bank BRI persentase 53.33 % selebihnya tidak menabung di bank.
LOADING LIST...
bimatara256@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...