IRHAM FUADI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KOMPOSISI GULMA PADA LAHAN KELAPA SAWIT (Elaeis Guinensis Jacq) PADA LAHAN TANAMAN MENGHASILKAN DAN LAHAN TANAMAN BEELUM MENGHASILKAN DI PT. THIP RIAU


INTISARI
KOMPOSISI GULMA PADA LAHAN KELAPA SAWIT (Elaeis Guinensis Jacq) PADA LAHAN TANAMAN BELUM MENGHASILKAN DAN LAHAN TANAMAN MENGHASILKAN DI PT. THIP RIAU
Oleh :
IRHAM FUADI
16/18443/BP_SPKS
Dalam upaya meningkatkan produktivitas kelapa sawit diperlukan usaha pemeliharaan tanaman secara intensif. Gulma merupakan salah satu kompetitor dalam penyerapan unsur hara, air, cahaya terhadap kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gulma yang tumbuh dan komposisi serta jenis gulma dominan yang tumbuh di perkebunan kelapa sawit pada lahan (TBM) dan lahan (TM) dan menentukan saran pengendalian.

Penelitian dilaksanakan di lahan perkebunan kelapa sawit perusahaan PT. THIP di Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Penelitian yang menggunakan metode survey gulma dengan pengamatan langsung di lapangan untuk mengumpulkan data dengan melalui analisis vegetasi dengan metode kuadrat. Pengambilan sempel dilakukan di dua tempat yaitu di perkebunan kelapa sawit pada lahan (TBM) dan lahan (TM).

Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa terdapat 12 jenis gulma yang tumbuh pada lahan (TBM) dan 10 jenis gulma yang tumbuh di lahan (TM), total terdapat 18 jenis gulma yang teridentifikasi dan 4 jenis gulma di antaranya tumbuh pada kedua areal tersebut. Komunitas gulma di areal lahan (TBM) dan lahan (TM) kelapa sawit tidak seragam. Gulma berdaun lebar mendominasi di lahan tanaman belum menghasilkan, sedangkan gulma pakisan mendominasi di lahan tanaman menghasilkan kelapa sawit. Gulma dengan daur hidup semusim mendominasi di lahan tanaman belum menghasilkan, sedangkan gulma dengan daur hidup tahunan mendominasi di lahan tanaman menghasilkan kelapa sawit.

Kata kunci : vegetasi gulma, lahan kelapa sawit belum menghasikan dan menghasilkan.


LOADING LIST...
irham.fuadi234@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...