KARTI RAHAYU K.,S.Hut,MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STERILISASI RENDAMAN DAN BAKAR BENIH SENGON (Falcataria moluccana) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN KONTAMINASI SECARA IN-VITRO


Sengon dengan nama latin Falcataria moluccana (Miq.) provenan Wamena merupakan jenis sengon yang tahan terhadap karat tumor. Sumber benih sengon provenan Wamena masih terbatas dan mahal. Perbanyakan secara in-vitro diharapkan menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi permasalahan karat tumor pada hutan tanaman jenis sengon. Penelitian sterilisasi benih sengon secara in-vitro bertujuan untuk mengetahui pengaruh sterilisasi rendaman terhadap perkecambahan dan kontaminasi benih sengon, pengaruh prosedur sterilisasi bakar benih sengon , pengaruh dari interaksi antara sterilisasi rendam dan bakar terhadap persen kecambah dan kontaminasi sengon dalam media kultur.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Instiper Yogyakarta. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan pola faktorial dengan dua faktor perlakuan. Faktor pertama yaitu perlakuan sterilisasi rendam yang terdiri dari dua aras yaitu tanpa rendam dan rendam. Faktor kedua yaitu perlakuan sterilisasi bakar yang terdiri dari tiga aras yaitu kontrol (tidak dibakar),1 kali pembakaran, dan 2 kali pembakaran. Parameter yang diamati meliputi persen kecambah dan persen kontaminasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari perlakuan sterilisasi rendaman terhadap perkecambahan, dengan persen kecambah terbesar 63,33 % pada perlakuan rendaman 0 jam (tidak direndam). Perlakuan sterilisasi pembakaran tidak mampu memberikan hasil yang signifikan terhadap persentase kecambah dan kontaminasi benih sengon. Namun, interaksi antara perlakuan sterilisasi rendaman dan bakar menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap persen kecambah. Persentase kecambah terbesar 80% terdapat pada perlakuan sterilisasi rendaman 0 jam dan sterilisasi 2 kali pembakaran. Interaksi antara perlakuan sterilisasi rendaman dan bakar tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap persentase kontaminasi.
LOADING LIST...
ajissi91d@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...