Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK BIOSLURRY DAN FREKUENSI PENYIRAMAN MOL BONGGOL PISANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU


ABSTRAK
Penelitian dilakukkan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk bioslurry sebagai campuran media tanam dan frekuensi penyiraman mol bonggol pisang serta interaksinya terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau. Penelitian dilakukan di kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Instiper Yogyakarta yang terletak di desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta pada bulan Januari sampai Februari 2020.
Rancangan penelitian menggunakan pola faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Complete Randomized Design (CRD) yang terdiri dari dua faktor perlakuan. Faktor I : komposisi bioslurry (P) , terdiri dari 3 aras yaitu (P0) Tanpa bioslurry , (P1) tanah regusol : bioslurry = 1:1, (P2) tanah regusol : bioslurry = 2:1. Faktor II : Frekuensi Penyiraman mol (F), terdiri dari 4 aras yaitu (F0) Penyiraman air biasa, (F1) Penyiraman mol 3 hari 1X, (F2)Penyiraman mol 6 hari 1X, (F3) Penyiraman mol 9 hari 1X. Untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan digunakan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5 %.
Tidak terjadi interaksi antara perlakuan komposisi media tanam dengan bioslurry dan perlakuan frekuensi penyiraman mol batang pisang pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar tanaman, berat segar tajuk, berat segar akar dan hasil ekonomi. Perlakuan komposisi media tanam dengan bioslurry berpengaruh nyata pada semua parameter. Perlakuan terbaik adalah komposisi media tanam dengan bioslurry 2:1. Perlakuan frekuensi penyiraman mol bonggol pisang berpengaruh nyata pada berat segar akar. Perlakuan terbaik adalah frekuensi penyiraman mol bonggol pisang 6 hari 1x.

Kata kunci : Sawi, Bioslurry, Frekuensi, mol bonggol pisang

LOADING LIST...
davidkurniawan484@gmail.com
Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP - Personal Name
Davit Kurniawan - Personal Name
Dian Pratama - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...