Ir. Agus Prijono, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

LUAS SERANGAN DAN POLA SEBARAN HAMA BOKTOR DAN PENYAKIT KARAT TUMOR PADA TEGAKAN SENGON DI DESA KEPUHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA


Kayu sengon dengan beragam kegunaanya menjadi salah satu tumpuan sumber bahan baku industri terutama di Pulau Jawa. Desa Kepuharjo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman yang menjadikan sengon sebagai salah satu komoditi utama selain tanaman perkebunan. Penanaman sengon sudah mulai digalakkan di lereng Merapi pasca erupsi tahun 2010 silam sebagai kegiatan penghijauan. Disamping untuk penghijauan, penanaman sengon juga bermanfaat untuk investasi karena kayunya yang memiliki nilai jual tinggi. Namun petani dan warga lereng Merapi menghadapi kendala hama dan penyakit tanaman sengon yang menurunkan produktifitas kayu, terutama hama boktor dan penyakit karat tumor.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 1 faktor yaitu dusun-dusun di Desa Kepuharjo. Dari faktor tersebut diperoleh 8 aras perlakuan, dengan masing-masing aras perlakuan menggunakan ulangan (plot) sebanyak 3 kali. Pada setiap plot dibuat 3 contoh uji dalam bentuk petak ukur 20x20 m, sehingga diperoleh contoh uji sebanyak 8x3x3=72 contoh uji. Parameter pada penelitian ini yaitu luas serangan dan pola sebaran. Kemudian dianalisis menggunakan analisis varians (ANOVA), dan diuji lanjut dengan uji Least Significant Difference (LSD).
Dusun tidak berpengaruh nyata terhadap luas serangan hama boktor dan penyakit karat tumor pada tegakan sengon, tetapi terdapat kecenderungan bahwa luas serangan hama boktor dan penyakit karat tumor tertinggi terdapat di Dusun Kaliadem, yaitu sebesar 21,081% dan 88,671% Dusun berpengaruh sangat nyata terhadap indeks dispersi penyakit karat tumor pada tegakan sengon. Indeks dispersi penyakit karat tumor terendah terdapat pada Dusun Kaliadem, yaitu sebesar 0 dengan pola sebaran teratur.
LOADING LIST...
angelpkinasih@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP (P) - Personal Name
Angel Pawestri Kinasih - Personal Name
Karti Rahayu K, S. Hut, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...