Ir. Siman Suwadji, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Perbedaan Kualitas Pelet Kayu Berdasarkan Komposisi Partikel Kayu Sengon (Parasienthes moluccana), Kayu Gamal (Gliricidia sepium), Dan Jerami (Oryza sativa)


Besarnya kebutuhan akan energi yang sumber utamanya berasal dari bahan bakar fosil dapat menyebabkan pemanfaatan sumber daya alam intensif yang nantinya dapat mengancam habisnya sumber daya alam tersebut, dampak yang sudah dirasakan seperti kelangkaan minyak tanah di indonesia. Dengan semakin menipisnya sumber daya alam mendorong manusia untuk mencari sumber daya lain yang dapat dimanfaatkan demi keberlangsungan energi di indonesia maupun di dunia. Kayu dapat dimanfaatkan menjadi salah satu alternatif sumber daya alam yang dapat diperbaharui serta menghasilkan energi guna membantu kegiatan manusia.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Yogyakarta INSTIPER. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap dengan satu faktor perlakuan yaitu persentase komposisi partikel pelet kayu. Parameter yang diamati meliputi kerapatan, kadar air, kadar abu, kadar mudah menguap, kadar karbon, dan nilai kalor.
Hasil penelitian perbedaan persentase komposisi pelet serbuk kayu sengon, gamal dan jerami menunjukkan nilai yang berbeda nyata pada parameter kadar abu, kadar mudah menguap, kadar karbon dan nilai kalor. Sedangkan faktor persentase komposisi ini tidak berpengaruh nyata terhadap kerapatan dan kadar air. Sampel pellet terbaik pada persentase Sengon 60%, Gamal 20%, Jerami 20% dengan rata – rata kerapatan 0,917, kadar air 9,55%, kadar abu 4,91%, kadar mudah menguap 85,36%, kadar karbon 9,71% dan nilai kalor 5345,82 kal/cm3 .

Kata kunci : Partikel, Pelet, Jerami, Sengon, Gamal

LOADING LIST...
sulthonoku@gmail.com
Ir. Siman Suwadji, MP - Personal Name
Sulthon Syahril Oku - Personal Name
DIdik Surya Hadi, S.Hut., MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...