Muhammad Syagerry Alvio Seba; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU SENGON DENGAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA PT.ABIOSO DI BOYOLALI


Pengendalian persediaan merupakan salah satu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena tanpa pengendalian persediaan yang tepat perusahaan akan mengalami masalah didalam memenuhi kebutuhan konsumen. Masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan industri adalah masalah produksi. Salah satu cara penekanan biaya produksi adalah dengan menekan persediaan bahan baku seminimal mungkin. Upaya meminimalka biaya persediaan tersebut dengan cara menggunakan analisis EOQ (Economic Order Quantity). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah biaya bahan baku yang optimal, jumlah persediaan pengaman (safety stock), dan mengetahui pemesanan kembali (reorder point).
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada PT.ABIOSO di Boyolali, dimana penelitian dilakukan secara intensif terinci dan mendalam terhadap suatu objek yang diteliti. Variabel dalam penelitian ini adalah persediaan dan penggunaan bahan baku. Analisis yan digunakan adalah metode EOQ.
Hasil penelitian dari perhitungan metode EOQ didapatkan biaya persediaan bahan baku optimal. Adapun jumlah biaya bahan baku optimal pada tahun 2016 sebesar Rp 13.459.245, tahun 2017 sebesar Rp 11.146.658, tahun 2018 sebesar Rp 13.927.160, dan tahun 2019 (bulan September-Oktober) sebesar Rp 1.610.705. Dengan demikian biaya bahan baku dari perusahaan lebih besar dibandingkan perhitungan EOQ.

Kata Kunci : Pengendalian, EOQ, Biaya Bahan Baku Optimal

LOADING LIST...
sebaalvio@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
LOADING LIST...