Paulina Idju; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Identifikasi Sifat Mekanika Kayu Jati Unggul Nusantara dari RPH Menggoro, BDH Paliyan Gunung Kidul


Kayu jati merupakan kayu tropis penting karena reputasinya sebagai kayu berkualitas tinggi. Peningkatan kebutuhan kayu terus meningkat 13-17 % per tahun yang disebabkan oleh pertumbuhan jumlah penduduk (Mawardi, 2012. Jati memiliki rotasi panjang serta produksinya cenderung menurun dari tahun ke tahun. Jati Unggul Nusantara (JUN) merupakan jati dengan sifat unggul serta memiliki kemampuan cepat tumbuh. Namun perlu informasi lebih lanjut terkait sifat mekanika kayu.
Tingkat dan variasi kekuatan kayu Jati Unggul Nusantara dapat dibuktikan kebenarannya melalui Rancangan Acak Lengkap Faktorial. Faktor yang diambil adalah bagian batang meliputi pangkal, tengah dan ujung. Sedangkan faktor kedua adalah bagian kayu dalam batang meliputi bagian kayu dekat kulit, tengah dan dekat hati dan diuji lanjut menggunakan uji Tukey
Berat Jenis Jati Unggul Nusantara (JUN) berkisar antara 0,86 sampai 0,89. Pada arah aksial dan radial tidak berpengaruh nyata terhadap berat jenis. Kadar air berkisar 13,02% sampai 15,03%. Pada arah aksial dan radial berpengaruh nyata terhadap kadar air kering udara. MOE berkisar 145,39 Kg/cm2 sampai 220,05 Kg/cm2. Pada arah radial berpengaruh nyata terhadap MOE. MOR berkisar 652,02 Kg/cm2 sampai 870,63 Kg/cm2. Pada arah radial berpengaruh nyata terhadap MOR. Tekan sejajar serat berkisar 303,64 Kg/cm2 sampai 413,56 Kg/cm2. Pada arah aksial, radial serta interaksinya berpengaruh nyata terhadap tekan sejajar serat.
Sifat mekanika kayu JUN menunjukan bahwa arah aksial bagian pangkal dan arah radial bagian dekat kulit memiliki kekuatan yang lebih baik. Jati Unggul Nusantara (JUN) dari RPH Menggoro, BDH paliyan Gunung Kidul yang dibudidayakan oleh PT. Surya Sylva Mataram tergolong dalam kelas kuat II sampai III.


Keyword : JUN, MOE, MOR, Tekan Sejajar Serat
LOADING LIST...
Idjupaulina@gmail.com
Paulina Idju - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP. - Personal Name
Ir. Sushardi, S.Kh, MP. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...