M. Darul Falah, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STUDI PRODUKTIVITAS PROSES EKSTRAKSI KAYU Eucalyptus sp MENGGUNAKAN SKIDDER DAN EXCAVATOR PONTON DARAT DI ESTATE TESO PT.RAPP


Pembangunan HTI di Indonesia bertujuan untuk penyediaan bahan baku industri kehutanan, baik untuk tujuan kayu pertukangan maupun untuk tujuan bahan baku industri pulp dan kertas. Salah satu kegitan penting yang dilakukan adalah kegiatan pemanenan hasil hutan kayu yang merupakan ujung tombak pengelolahan hutan yang baik. Penggunaan alat mekanis untuk kegiatan produksi pada dasarnya adalah untuk mengefisienkan waktu dan biaya dalam pencapaian target produksi. Extraction adalah proses pemindahan kayu setelah tebang dilapangan ke TPn. Ada beberapa metode yang digunakan dalam Ekstraksi antara lain menggunakan Skidder dan ponton darat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas alat (m³/jam) dan biaya operasional alat ekstraksi menggunakan Skidder dan Excavator ponton darat. Penelitian ini menggunakan metode analisis T-Test. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara mengamati dan melakukan time study kegiatan ekstraks. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah produktivitas dan biaya operasional proses ekstraksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata produktivitas alat ekstraksi kayu Eucalyptus sp menggunakan Skidder sebesar 24,10 m³/jam, sedangkan Excavator ponton darat sebesar 7,36 m³/jam. Rata-rata biaya operasional ekstraksi menggunakan Skidder sebesar Rp. 18.874/m³ sedangkan Excavator ponton darat sebesar Rp. 27.392/m³.

LOADING LIST...
handicaspers@gmail.com
M. Darul Falah, S.Hut, MP - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP (p) - Personal Name
HANDIKA PUTRA - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...