Oktaviani Cahyaningrum; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Tataniaga dan Pasar Kayu Sengon Hutan Rakyat di Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo


Minat masyarakat Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo dalam menanam jenis sengon cukup tinggi. Hal ini dapat diketahui bahwa menanam sengon di Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo cukup mudah karena memiliki daur pendek, dapat ditanam secara tumpangsari dan sudah memiliki pasar yang jelas. Kendala yang dihadapi masyarakat adalah persoalan harga yang menjadi bagian dari masalah tataniaga kayu sengon yang berdampak langsung terhadap pelaku pasar kayu sengon dimana hal tersebut mempengaruhi besar kecilnya pendapatan petani.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran kayu sengon pada hutan rakyat di Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo, menganalisis peran para pihak yang terlibat dalam pemasaran sengon hutan rakyat di Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo, menganalisis margin pemasaran kayu sengon di Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, simple random sampling dan snowball sampling. Teknik pengambilan data dengan cara observasi, wawancara langsung dan studi dokumen. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif. Pengolahan data dengan analisis biaya pemasaran analisis dan margin pemasaran. Parameter yang diamati meliputi harga kayu sengon ditingkat petani (produsen), penebas, pedagang pengumpul (depo), supplier, industri kayu (konsumen akhir) dan biaya pemasaran kayu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemasaran di kecamatan sapuran kabupaten wonosobo terdapat dua saluran yaitu saluran pertama adalah petani – penebas – pedagang pengumpul – supplier – industri kayu dan saluran kedua adalah petani – pedagang pengumpul – supplier – industri kayu. Farmer share saluran I sebesar 59,45%. Farmer share saluran II sebesar 75,67%. Hal tersebut menunjukan bahwa semakin saluran pemasaran maka semakin besar farmer share’s yang didapatkan petani.

Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Harga Kayu Sengon, Margin Pemasaran, Farmer Share’s

LOADING LIST...
oktavianicahyaningrum@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
LOADING LIST...